Rabu, 12 Juni 2013

Menuju Organisasi



Ahad, 3 Maret 2013
. Malam pembacaan pembagian Bagian – bagian dalam Organisasi Santri Nurul Haramain (OSNH)
  yang dibacakan bapak pengasuh Ust. Dahlan, S,H.I sekaligus pemberian pesan-pesan agar  berjalan baik dalam menjalankan keorganisasian
Ust. Dahlan à
. Patah Tumbuh Hilang Berganti
. Berami dipimpin Berani memimpin
. Sebelum generasi turun, generasi baru sudah ada.
                Harus ada perubahan lebih baik organisasi adalah satu tubuh, jika satu organ tubuh hilang maka tubuh tak sempurna.
. Pondok bagus atau tidaknya ada pada tangan USNH
. Merubah lingkungan menjadi kondungsif
. Setiap bagian memiliki lingkungan masing-masing
. Pondok perlu dibela, dibantu, dan diperjuangkan
Iuran dengan kelakuan, dengan pikiran, dengan nyawa.
Sinkron
Pondok adalah benda mati dan santri lah yang membuat pondok seakan hidup
~Asas dan perinsip berdirinya pondok~
Innamal a’malu binniyyaat
bukan untuk mencari ijazah
Pangkas segala pekerjaan yang mengganggu kegiatan “jangan bosan menjadi orang baik”
  Organisasi dipinjami wibawa oleh pimpinan pondok, berniat segala pekerjaan untuk ibadah
“bergerak” adalah ibadah
saya khawatir nikmat Allah di cabut di pondok ini, seluruh kegiatan santri harus direncanakan, perkuat data pada masa sekarang soalnya sekarang sedikit-sedikit main hukum. OSNH belajar memahami keperibadian anak, Belajar memimpin adalah dengan menggembala kambing sebab kambing adalah hewan yang paling sulit diatur. Hampir semua Nabi pernah menggembala kambing dan dari situ adalah pelajaran memipin umat. Manusia adalah yang lebih karena manusia memiliki akal
Standar semuanya adalah Domir (hati). Tanya hati kecil sebelum melakukan sesuatu “is al domiruka
sebab hati kecil tidak bisa berbohong. Kalau OSNH ga pake peci ketika solat “ ’aena  domiruka” OSNH punya baju dinas, wibawa harus dibikin. Ga ada teriakan, sebab yang teriak-teriak adalah di hutan.
. hilangkan kata al’ah ganti dengan ka’
ka’ adalah menyentuh pada domir, k’ adalah agar kita ingat bahwa posisi kita saat ini adalah kk’. Anggota juga harus patuh sebagai adik. Program kerja harus direncanakan. Langkah, gerak adalah berawal dari domir. Insyaallah besok kalian akan dilantik sebagai OSNH. Kalian belajar menjadi pemimpin. Mencari uang/ bisnish dengan niat ibadah bukan untuk menjadi kaya. Solat adalah konci segala perbuatan.

Ust. Hendi Supriansah à
Calon OSNH yang akan mengayomi, membimbing anggota ini adalah amanat bukan jabatan. Sumpah tidak main-main sanksinya adalah Allah langsung. Kalau ada negative jangan dibuang begitu saja, tapi jadikan ia sebagai pelajaran. Pergantian suasananya kondungsif. Suasana gembira adalah bukan berarti lupa. Tidak mengambil sisi negative. Merubah suatu kebiasaan mengorbankan nyawa. Perlu memahami kebiasaan yang sudah ada.

Pagi hari Selasa, 5 Maret 2013
TGH. Khairi HAbibullah à
Pekerjaan-pekerjaan luarbiasa yang tidak terorganisir, tidak terrencana, tidak diatur, tidak di control, tidak ada rincian maka pekerjaan tersebut menjadi lemah.
modern dinamis
- selalu menulis angan-angan dan keinginan rahasia kemajuan. Sony Erection lebih maju daripada Amerika karena menulis semua data-data. Jangan remehkan mimpi-mimpi. Albert Einstein “mimpi-mimpi itu jauh lebih baik daripada IQ manusia”. Ini adalah kesempatan emas, jika pagi-pagi ini tidak memulai niat seperti ini (semangat) maka” wujuduka ka adamika”  keberadaanmu seperti tidak adanya dirimu. OSNH hanya sekali sepanjang masa, tidak ada kesempatan di luar seperti ini. Mengurus adik delas selama 24 jam selama 1 tahun.
-Susah mempersiapkan orang yang akan diatur. Jangan menjaadi kontra produktif
“berkereasi, berkarya yang terbaik”
Meremehkan tidak baik, meski saya telah beratus-ratus kali berbicara, saya harus latihan dulu baru bicara sampai kapanpun jangan pernah meremehkan suatu yang kecil. Sifat dari peremehan sendiri akan menjadikan akibat yang fatal. Tanpa ada persiapan itu adalah sikap peremehan yang nyata.
·         Kalau anggaran tidak keluar dalam 3 hari kembalikan anggaran tersebut kepada saya (TGH. Khairi HAbibullah)
·         Tidak ada anggaran sama dengan tidak ada kegiatan
1 bulan 90 juta à normal
1 bulan 35 juta à yang biasa dan sudah terjadi.
Taka pa kita melanggar di masa lalu tapi di masa sekarang kita menjadi baik, dihukum adalah disayang. Ini adalah Langkah awal menjadi pemimpin di masyarakat kelak. Apa factor yang paling menentukan dalam keahlian bahasa Inggris dan bahasa Arab adalah usaha. Anak yang baik bahasa Inggris dan bahasa Arabnya adalah anak yang tekun.
Bagian Perpustakaan à pesan buku “jika bersedia membuka dan menelusuri halaman-halamanku, maka aku akan bersedia menemanimu mengelilingi dunia”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar